Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Jumat, 23 Maret 2012

Tips Mencuci Sepeda Motor



Akhir-akhir ini, hujan turun hampir setiap hari. Genagan-genagan air yang terkadang bercampur Lumpur pun dapat ditemui dimana-mana. Alhasil, badan sepeda motor pun tak luput dari cipratan air di sepanjang perjalanan. Namun basah dan becek tentu tidak menyurutkan minat Anda untuk tetap beraktivitas dengan sepeda motor. Apalagi setelah Anda mengetahui tips membersihkan sepeda motor. 

Berikut kesalahan dalam membersihkan motor dapat mengakibatkan timbulnya lecet-lecet halus atau yang disebut swirl mark. Jangan anggap remeh masalah ini karena kehadiran swirl mark pada permukaan badan motor tentu akan merusak penampilan motor sehingga membuatnya kurang sedap dipandang.

Perlengkapan yang perlu disediakan sebelum membersihkan motor adalah sampo khusus mobil atau motor, kain bersih kecil yang lembut untuk meratakan sampo, dan lap chamois untuk mengeringkan motor.
Bila semua perlengkapan telah siap, mulailah dengan menyemprot seluruh badan motor, berhati-hatilah agar Anda tida menyemprot bagian-bagian motor yang riskan seperti bagian dalam knalpot. Biarkan air meluluhkan debu dan kotoran yang menempel.
Setelah bersih dari debu dan kotoran, ratakanlah busa sampo ke seluruh permukaan badan motor dengan menggunakan kain kecil yang telah disediakan. Gunakanlah hanya sampo khusus untuk mobil atau motor. Sebaiknya Anda tidak menggunakan deterjen atau sabun colek, karena kandungan yang terdapat di dalamnya cukup keras, sehingga bila digunakan dapat merusak cat motor.
Dalam meratakan busa sampo, mulailah dari bagian atas badan motor dan diteruskan sampai bawah. Gerakan melingkar pada saat melakukannya akan memberikan hasil yang maksimal dalam membersihkan sisa sampai semua kotoran yang melekat terangkat sempurna.
Setelah selesai menggosok badan motor, semprotlah kembali dengan air sampai seluruh sisa sampo terbilas  bersih. Pembilasan yang tidak sempurna akan meninggalkan jejak putih bila kering.
Nah, kalau sedah selesai membilas, keringkan segera badan motor Anda agar tak terbentuk bekas air. Yang paling bagus adalah menggunakan lap chaois karena lap ini mempunyai daya serap sempurna. Namun, bila tidak memungkinkan, dapat juga diganti dengan lap bersih lain yang lembut dan berdaya serap baik.

*****Selamat Mencoba*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar