Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Rabu, 18 April 2012

Penyempurnaan BAJAJ PULSAR 200-NS

Rencananya akhir bulan ini Bajaj Pulsar 200NS akan diproduksi massal di India. Tahap awal untuk pasar lokal, lalu kemudian menyusul dipasarkan di banyak negara termasuk Indonesia.
Tapi, sebelum motor ini benar-benar diproduksi massal, ada beberapa komponen yang disempurnakan. Seperti bohlam lampu utama, kalau sebelumnya pakai 35 watt sekarang diganti 55 watt. Pastinya akan lebih terang. 
Sepatbor belakangnya juga dibenahi. Versi produksi massalnya akan menggunakan finishing matte black. Bukan hitam glossy seperti pada versi prototipe. Penyempurnaan lainnya ada pada lampu di panel indikator. Lampu akan diganti agar kemudahan melihat di siang hari tetap baik.
Kemungkinan besar perubahan spesifikasi ini juga akan dinikmati konsumen di Indonesia. Pasalnya semua sepda motor Bajaj didatangkan langsung dari India. Rencananya generasi Pulsar terbaru ini akan mulai dipasarkan di tanah air akhir tahun 2012 ini.
"Kita sudah mulai melakukan uji tipe," beber Rizal Tandju, Event & PR Manager PT BAI beberapa waktu yang lalu (11/4). Menurutnya dalam proses uji tipe dan regristasi di Indonesia membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan lamanya. "Tapi untuk waktu pemasarannya, kita masih menunggu info dari India," lanjutnya. "Paling cepat sesuai rencana sebelumnya, motor ini baru bisa dipasarkan akhir tahun ini," jelasnya.
Selain desain yang benar-benar baru, Bajaj Pulsar terbaru ini punya mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm.
Mesin yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder berpendingin air. Jadi sudah dilengkapi dengan radiator, cirinya di blok silindernya sudah tidak ada lagi sirip pendingin.
Tapi konstruksi kepala silindernya masih SOHC, sedang KTM Duke 200 sudah DOHC. Meski SOHC, punya empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.
Suplai bahan bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih hemat.

Yamaha New V-Ixion Belum Meluncur di 2012?

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan foto yang kiriman Andhi Suprana dari Karawang, Jabar kepada redaksi OTOMOTIF. Dalam foto yang diambil di daerah Cikampek ini terlihat desain baru Yamaha V-Ixion.


Meski disamarkan dengan lakban warna hitam motor yang sedang di tes ini masih kental ciri Yamaha V-ixion. Pelek dan ban yang lebih lebar, disk brake belakang dan swing arm kekar jadi perangkat standar. Sokbraker dengan yang lebih besar dan setang tinggi bergaya turing juga membuat penampilannya makin macho.


Sedang untuk desain bodinya terlihat lebih gambot. Sayap di tangki bahan bakar lebih besar dan butut yang meruncing tapi lebar. Beberapa ciri yang masih kental adalah footstep dan lampu sein yang masih mempertahankan desain lama.


Sayangnya suguhan penyempurnaan dari Yamaha ini kabarnya belum akan diluncurkan tahun 2012 ini. Seorang narasumber di PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan kalau New V-Ixion belum ada rencana diluncurkan dalam waktu dekat.


Bahkan rencananya kalau tidak akhir tahun, baru akan launching awal 2013 mendatang. Tahun ini, Yamaha lebih berkonsentrasi pada line up matik dan melakukan pengenalan teknologi injeksi pada line up sepeda motornya.


Beberapa model baru akan dibubuhi teknologi ramah lingkungan ini. Dua yang sudah bisa kita nikmati adalah Yamaha Soul GT dan Mio J. Kedua matik baru ini dijejali teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).


Wah, masih harus menunggu lama dong! 

Minerva Sachs X-Road 150S

PT. Minerva Motor Indonesia (MMI) kemarin pada tanggal 17/4/2012 telah resmi melaunching motor barunya yang berbasis street fighter. Tampilan motor sport andalan Minerva ini terlihat gagah dan sangat maskulin. Bisa dikatakan bahwa Minerva Sachs X-Road ini sebagai cerminan sosok sepeda motor street fighter sejati. Hal ini terlihat pada tampilan lampu depan yang futuristik, ditambah kombinasi LED Daytime Running Light pada lampu depan dan tanki, juga LED Tail Light, menjadikannya tampil berbeda.
Model ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur khas sepeda motor sport street fighter, seperti Double Disc Brake, Monoshock Absorber, Tubeless Bigger tyre dan Split Seat. Didukung juga dengan tampilan Digital Speedometer dan Metal Cover Trellis Frame.


"Pada prinsipnya kami ingin memberikan pilihan bagi konsumen yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera calon pengguna. Varian X-Road 150S ini sudah melalui tahap uji coba ketahanan mesin yang hingga 20 ribuan kilometer untuk menjamin kualitasnya," ungkap Kris, sapaan akrabnya.

Dengan mengusung mesin SOHC 150 cc yang dipakainya, mampu menghasilkan tenaga 13,5 PS pada 9.500 rpm dan torsi 10,5 Nm di 7.000 rpm. Juga dilengkapi dengan pendingin oli dan engine balancer shaft untuk mengurangi getaran pada mesin. 
Juga pada rangkanya diberi cover ala teralis membuat penampilannya terlihat kokoh. Memiliki desain lampu depan yang futuristik dipadu dengan kombinasi LED Daytime Running Light pada lampu depan dan tangki bahan bakar. Sedang lampu belakang dan seinnya mengusung LED.
Untuk model ini, MMI memasang tiga pilihan warna, merah, hitam dan silver ini juga telah menggunakan panel indikator tipe digital. Semua informasi seperti fungsi speedometer dan takometer ditunjukan lewat angka digital.
Sedangkan pada kaki-kakinya di-setting dengan gagah dengan tabung sokbraker depan gambot, diameternya 37 mm. Roda depan-belakang punya ukuran lumayan lebar dan sudah tubeless. Sementara suspensi belakang sudah monoshock dan dikawal disk brake di kedua roda.
Spesifikasi :
Panjang x lebar x tinggi: 2040 x 770 x 1100 mm
Jarak sumbu roda: 1385 mm
Jarak terendah: 175 mm
Berat kosong: 123 kg
Beban maximum: 150 kg
Isi tangki BBM: 17 lt
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Mono shock
Rem depan dan belakang: Menggunakan disc dengan double piston
Ukuran ban depan/belakang: 110/70-17 - 130/70-17
Type mesin: SOHC single cylinder dilengkapi dg oil cooler dan engine balancer
Diameter x langkah torak: 61 x 49,5 mm
Perbandingan kompresi: 9,2 : 1
System pengapian: CDI
Pola pengoprasian gigi: 1-N-2-3-4-5
Jenis kopling: Multiplate,kopling basah
Final ratio: 2,267
Lampu depan: Halogen 12 V/ 2x35 W
Lampu sein/belakang: LED
Type battery: 12 V- GTZ7S