Search

Memuat...
Happy Enjoy In "Monster Air" World

Senin, 06 Mei 2013

Kelemahan Yamaha VEGA ZR

Ok gan, mungkin udah basi banget kalo kita bahas masalah motor yang satu ni (udah kedaluwarsa :) hehehe)... Tapi belakangan ane liat ko masih banyak yang mengeluh tentang keadaan motor Yamaha VEGA ZR nya, berikut beberapa kelemahan yang sering ane baca gan :
1. Oli cepet berkurang
2. Terkadang mesin terasa ngempos
3. Suara klep yang kasar
4. Kurang tangguh ditanjakan
5. Mesin cepat panas
6. Kenalpot ngebul/keluar asap putih
7. Larinya kurang kenceng (rata-rata keluhan orang2 sih antara 80-90 kpj)
8. Sulit distarter (baik engkol maupun elektrik)...dan Masih banyak lagi gan,ane lupa,dicari sendiri ya hehehe...
Ok Ok, sabar dulu gan, sebelum kita bahas, ane sih netral ya,Honda OK, Yamaha OK, Suzuki/Kawasaki pun tetep OK, tapi paling anti ma MoCin hehehehe "PEACE"... Ane juga pengguna VEGA ZR gan, berikut penampakannya :
Masih STANDAR gan


Sedikit MODIFIKASI
Bagus kan gan???,eeiiiittzz,biarpun kaya gitu,udah pernah tampil di OTOPLUS dan OTOTREN lhoooo.....(PD melanda hahahaha)...Ok, kembali ke topik,tu VEGA ZR keluaran pertama tahun 2009,dan kalau sekarang tahun 2013 ya udah 4 tahun dan kilometernya udah mencapai 59.XXX km...yang perlu diingat adalah selalu pemakaian luar kota dan daerah yang menanjak cukup tinggi (maklum,tempat kuliah ane doeloe luamayan gunung gan),belum lagi kalo jalan-jalan ama gebetan gan,waduh sukanya daerah wisata yang pegunungan,nanjaknya aja gak ketulungan,dan terjadi terus menerus sejak tu motor ane bawa tahun 2009 lalu... Dari situ ane agak heran, dari sekian hal yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna VEGA ZR yang telah saya sebutkan diatas tu nggak satupun yang ane alami...
- Ok mungkin dulu ane pernah sedikit mengalami "BERKURANGNYA OLI", tapi nggak banyak dan masih wajar (belum perlu untuk ditambah olinya), tapi selain itu sih normal aja dan nggak ada gangguan apa-apa.
- Untuk "SUARA KLEP KASAR" sih menurut ane cuma perlu diset ulang aja tu setingan klepnya,mungkin agak terlalu longgar...Emeng sih kalau klep nya terlalu kenceng juga "LARINYA AGAK NGEMPOS" gan...
- Kemudian untuk kasus "KURANG TANGGUH DITANJAKAN" ane bener-bener nggak setuju gan,ni serius pengalaman ane tanpa kebohongan sama sekali,untuk Menanjak tu VEGA ZR joozz banget,ane udah sering banget nanjak sana sini dan nggak pernah ada kendala (keadaan berboncengan)...

"SEDIKIT SHARE : KALAU AGAN PAKAI KNALPOT RACING SEPERTI YANG ANE PAKE TU WAKTU MODIF (YOSHIMURA), TARIKAN AWAL DAN AKSELERASINYA TERASA AGAK LEMOT GAN, SEHINGGA WAKTU MELIBAS TANJAKAN HARUS ADA PENYESUAIAN LAGI DALAM CARA BERKNDARANYA, TAPI TOP SPEEDNYA NAMBAH"

- Untuk yang mengeluh "MESIN CEPAT PANAS", Ok,ane amini gan,emang bener,apalagi kalo agan pake olinya YAMALUBE, tapi setelah ane tanya-dan baca-baca,ternyata emang itulah karakter mesin VEGA ZR... Dan yang perlu agan ketahui adalah "panasnya masih dalam taraf WAJAR dan nggak akan menimbulkan OVERHEAT"...Jadi agan nggak perlu khawatir untuk perjalanan jarak jauh...Amaaaann...Laaanjoootttt gan...
- "KENALPOT NGEBUL/KELUAR ASAP PUTIH"...kalo yang satu ni ane bener-bener gak tau deh gan,disamping ane belum pernah ngalamin hal yang satu ni,ane juga berpikir kalau udah keluar asap kaya gini bukannya kerusakan mesinnya udah lumayan ya gan???,ya nggak sih??...tolong infonya bagi agan yang tau...
- "KECEPATAN KEBANYAKAN ORANG ADALAH 80-90 kpj"...kalau untuk yang satu ini,ane gak tau dah,yang jelas kalau VEGA ZR ane pake knalpot standar sih tembus 100 (boncengan) - kurang lebih 105 kpj (singgel)... Dan kalau pakai tu knalpot YOSHIMURA jadi kurang lebih 110 (boncengan) - sekitar 120 kpj (singgel)...MESIN STANDAR ya gan,gak pake merubah apapun pada komponen mesin...
- "SULIT DISTARTER (ENGKOL/ELEKTRIK)"...kalau engkol sih emang harus 2-3 kali baru nyala,apa lagi kalau pagi,bisa sampai 4 kali,gak tau tu wajar ato gak sih gan???...sedangkan untuk elektrik sih sejauh ini lancar jaya dan belum pernah gani accu gan, cuma yang bikin ane sedih (lebay.com) sejak februari lalu (masuk tahun ke 4) tu accu dah mulai tekor gan,masih kuat sih buat starter,tapi jarang-jarang...

"SEDIKIT SHARE : SERVICE RUTIN DARI BARU,OLI SELALU YAMALUBE,RANTAI ANE PAKE PUNYA "KAWASAKI BLITZ" (NGGAK GAMPANG MOLOR),BAN DEPAN UKURAN 2.75 DAN BELAKANG UKURAN 3.00"

Dengan perawatan seperti diatas, dijamin siiiiiiiippp gan buat perjalanan jarak jauh dan tanjakan...

OK gan, tu sedikit pengalaman ane dalam menggunakan motor VEGA ZR,mungkin agan-agan yang punya pengalaman lebih bisa di share gan buat berbagi pengalaman...Thanks...

26 komentar:

  1. okey bro w setuju sama loe punya saran......mantaaaaap
    mungkin bisa konsultasi juga nih bro masalah motor ini: vega zr
    vega zr taon 2011 awal w beli motor jenis ini...
    wenakk bgt tarikan motor baru w ini lincah dijalan n tarikannya juga enteng.... itu tarikan enak karena w ganti oli : agak mikir panjaanng w setelah w baca chat diatas! gan!??? soalnya gan oli yg loe sebut enak maaf YAMALUBE itu yang u pake oli tersebut banyak komplain dari pihak pemake oli tersbut termasuk w gan ! nah yang mengkagetkan pengakuan dari mekanik bengkel yamaha resmi pun menuturkan bahwa oli YAMALUBE kurang bagusss kendalanya :
    1. starter berat maupun diengkel
    2. tarikan ngemposs
    3. mesin cepet pan
    4. olinya gampang kotor

    mungkin gan u promosi yamalube atau gimana hahahahahahahahaha tanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit share lagi ni gan...slama ane pke yamalube,emang bner sih cepet panas...bahkan kalau ane bandingkan ketika ane pernah pake oli repsol,jelas jauh perbedaan tingkat panasnya mesin (panas yamalube)...tapi tarikan malah lebih enteng pake yamalube gan, kalau pake repsol agak kaya "selip kopling"...
      Satu lagi gan, slama pake yamalube,yang ane rasain tu performa justru jelek ketika suhu udara dingin (ketika mendung gelap/hujan),ditambah lagi kalau motor juga dalam kondisi belum panas,tambah brasa lagi gak enaknya...
      Tapi waktu pake oli repsol,ane rasain segala suhu tetep oke...

      NB : Sory gan, ane bukan promosi, ane langsung sebut merk ja gan, karena ane anggep ni sharing sesama pengguna Vega ZR, jadi bisa lebih jelas gitu gan pa problem nya...Sekali lagi sory gan, ni juga sekedar pengalaman ane aja, mungkin berbeda pengalaman tiap orang...Thank's :)

      Hapus
  2. ane juga penyemplak vega zr taun 2009,,, so far ane cukup puass,,, memang sih oli pasti berkurang dan mesin cepet panas... tapi masih dalam tahap normal,, body2 juga gak geter.. masalah oli,, ane suka pake product shell dari pada yamalube.. shell ax7 atau kalau lagi bokek ax5 hehe :D lebih adem di mesin,, performa juga lebih ok.. tahan lama dari pada yamalube yg enak cuma 300km pertama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya soal topspeed cuma 100kpj,, semua standard dan mesin agak batuk2,, :D

      Hapus
  3. Menurut saya semuanya benar...maslah oil sya masih pakai yamalube , saat ku coba racing ama satria fu, sya menang 3x putaran padahal cc-nya 115 tapi topspeednya sampai 126 kpj.....semuanya masih standard......hiks hiks hiks.....was-kum......

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngarang nya kebablasan mas

      Hapus
  4. saya kuarng setuju dengan,
    1. Oli cepet berkurang,
    6. Kenalpot ngebul/keluar asap putih.
    soalnya tu tergantung perawatannya sama pemakaiannya. saya dah pakai motor vega rz seri pertama (2010/lampu sen kuning) sampai sekarang olinya gak habis2, soalnya saya ganti oli sesara rutin dan pamaikannya gak asal2n, dan saya juga belum pernah ngalamin knalpot ngebul, soalnya knalpot nebul tu di pengaruhi faktor ganti oli gak teratur, pemakaian yang asal2n, perwatan yang asal2n juga. kalo masalah selain tu saya juga pernah ngalamin, tapi saya gak terlalu pikirin soalnya saya kalo bawa motor santai, bukan kayak pembalap jalan raya...
    Vega RZ First Class...

    BalasHapus
  5. gan ane mau tanya tuh cakran belakang, master, kaliper, tromol pake punya motor apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kloningan gan...
      - Selang, pompa & tempat oli : Ori Satria FU
      - Piringan + dudukan + tromol : Satria R
      - Kaliper : Nissin

      Hapus
  6. Gue pake zr tahun 2009 ndk ada masalah tuh start pertama ok mo engkol mo elektrik, oli yamalub spotr, bekasi lampung masih ok, top spetd 105, mesin ndk cepet panas

    BalasHapus
  7. titip link ya kawan http://subhanhabibi.blogspot.com/2013/04/bisnis-online-paling-mudah-dan.html

    BalasHapus
  8. tolong jelaskan cara memasang rem cakram belakang pada Vega ZR+biayanya?

    BalasHapus
  9. Bonte koplak : cdi nya standar ga? Kopling standar ga? Karbu standar zr ga? Bhabhabhabahaahah... gw sih pake BM1 trus brur penguapan nya kecil.. emang agak berat tp cuma beberapa hari.. oli cepet nguap mungkin dari piston yg udah aus gan.. coba oversize aja.. klo mau lari lebih dari 100kpj main di konsumsi bbm sama oksigen gan.. tp harus di imbangi semua dari besar piston, klep dll untuk kopling emang pabrik yamaha sengaja bikin slip kopling biar ga pada kebbut2an di jalan.. hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. standar jeglek gan,pokoknya yang nggak ane sebutin perubahannya ya brarti masih standar... :)

      Hapus
  10. wahh bener banget tuh gan....
    tapi kalo ganti seher yang masuk kira" seher apaan ya gan, soalnya gw udah pake NOB1 tarikannya masih ccd juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. NOB1 emang cacat gan
      cb pake R9 ato DBS, pasti nampol!!

      Hapus
  11. Ane pake Vega R 2007 -- sampe sekarang masih joss, panas iya tp gak masalah, dulu iya sering susah stater sekarang udah gak lagi. ane pake oli bebas kerak gan. agak mahal sih namun mantap 6 bulan sekali ganti oli. starter udah gada masalah lagi.... masih yahut. semua standar gada perobahan, cuma pelek ganti pake punyanya vixion

    BalasHapus
  12. kerusakan motor lebih banyak tergantung dari cara memakainya. Sebagus apapun jenis motornya, kalau makaianya nggak bener ya cepat rusaklah

    BalasHapus
  13. Modif Segitu abis berapa duit mas ?

    BalasHapus
  14. gan meh tanya:pasaran vegazr 2011 berapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah paling antara 8-8,5jt tuh gan... Tergantung daerah agan juga sih...

      Hapus
  15. Vega zr ane gak pernah bermasalah gan lawan satria f aja bisa menang satu tiang..
    Tergantung mekanik'y aja kalo urusan mesin..

    BalasHapus
  16. Vega Zr 2010: Vega saya juga sering banget ngebul gan, tiap servis dan ganti oli, olinya sisa dikit banget hampir habis malahan.. mungkin gegara sering ngebul itu ya .. kalo telat beberapa hari lagi bisa habis mungkin, untuk setater juga juga agak tekor tapi sekarang sudah saya ganti accu ..
    Menurut mekaniknya sih emang ukuran dinamo vega zr new jupiter emang agak lebih gede dari vega sebelumnya: jadi konsumsi accu jadi nambah..
    dari dulu saya pake oli yamalube, sebenernya si pengen ganti tapi sayang udah dari dulu pake yamalube..
    dan hari ini saya pulang servis dan ganti oli tapi tidak di bengkel resmi.. bengkel resmi yang ngerjain anak magang jadi males
    kata mekaniknya si 2minggu lagi suruh dateng ke bengkel untuk nyekur dan ngecek apa seher (piston) baik2 aja apa udah kena .. kalo udah kena ya harus ganti biar gak ngebul
    padahal dulu udah pernah ganti piston + boring.
    terma kasih gan
    mungkin ada masukan atau solusi

    BalasHapus
  17. Klo punya q zr 2009,masih oke aja...
    Tapi...
    #klo pke yamalube gak mau lari,mentok 90 kpj,byasae pke enoc pernah 120 kpjsekarang pke ax5baru minggu
    #klo starter masih oke semua,engkol cma 2 kali udah nyala
    #klo klep emg cocok agak renggang. N byasanya d stel toring
    #cuma pernah ganti aki cz udah 4th,am ganti pelek gara2 tukang tambal ban belajaran...

    BalasHapus
  18. Gir Buat Yamaha Vega Biasa Biar Kuat Tanjakan Pake Gir Apa Ya

    BalasHapus
  19. Ane juga pengguna zr 2009, kl pagi mesin msh dingin susah starter, suara blok mesin sebelah kanan bunyi klethek2..apanya ya gan?

    BalasHapus