Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Senin, 20 Februari 2012

MENGECEK KETINGGIAN OLI dan MENYIKAPI OLI MOTOR YANG LAMA DIAM

---> Mengecek ketinggian oli, sepele tapi dapat menghindarkan motor anda dari kerusakan parah. Tahukah agan biker bahwa pengecekan oli bagi pengguna mobil sudah merupakan suatu rutinitas???,nah...sekarang diera modifikasi dan bore up di motor, kebiasaan ini juga menti ada. Sebab volume oli merupakan kunci sukses pelumasan, kekurangn dijamin bakal menyebabkan cepat aus pada onderdil. Pada mesin motor keluaran baru, konsumsi oli berlebih bisa jadi tak terlihat, itu terkait dengan konstruksi pernafasan yang disalurkan ke box filter udara. Penguapan oli jadi tak terlihat karena gas buang lewat knalpot tidak menunjukan asap putih meski sebenarnya sudah terjadi kebocoran uap oli. Berikut adalah prosedur pengecekan yang benar :
1. Cari tempat datar dan standarkan motor dengan standar tengah
2. Buka tutup oli dan bersihkan deepstick dengan kain bersih
3. Masukan deepstick hingga mentok, tapi jangan memutar tutup olinya
4. Jika oli yang menempel pada deepstick kurang dari setengah, maka layak untuk ditambahkan atau diganti.
----> Pertanyaan pun muncul "bagaimana kalau motor sudah lama tidak digunakan?,apakah perlu dilakukan penggantian oli?"...Nah begini gan bike, khususnya pada motor 4 tak, pemilik hanya berpatokan pada hitungan bulan atau banyaknya kilometer untuk mengganti oli, jadi akan sulit jika motor sudah lama gak dipake... Selama volume oli dan keadaan oli masih baik dan tidak kedaluwarsa/terkontaminasi debu dan kotoransih gak masalah, tapi masih diragukan kelayakannya....Nah..untuk mengetahui kelayakan olinya agan biker dapat melakukan pengecekan sebagai berikut :
1. Menggunakan deepstick, dari sisni dapat diketahui volume, warna dan kualitas. Kalau oli berwarna kecoklatan seperti coklat susu,HATI-HATI gan, kemungkinan oli tercampur dengan air melalui celah mesin atau terjadi kebocoran cairan pendingin.
2. Mengecek kualitas dan ekentalan. Caranya teteskan oli pada kertas putih, kalau warna hitamnya hanya terfokus ditengah, itu tanda kualitas oli sudah berkurang.

OKEY....SELAMAT MENCOBA GAN...SALAM BIKER....!!!

1 komentar:

  1. bagus gan infonya.... barusan hari ini, motor saya mogok akibat langka oli di mesin, jadinya merembet ke dalem mesin...

    BalasHapus