Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Selasa, 10 Juni 2014

PREMIUM atau PERTAMAX ? ? ?

Kali ini ane akan coba membahas masalah penggunaan bahan bakar yang cocok untuk kendaraan harian, apakah premium atau pertamax???, karena sampai sekarangpun ternyata masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang kecocokan bahan bakar yang digunakan untuk kuda besinya...
Oke, kita coba bahas, setau ane, ada beberapa motor yang lebih bagus/bahkan lebih cocok menggunakan pertamax dari pada premium, begitu pula sebaliknya. Nah, apa yang perlu diperhatikan untuk memilih bahan bakar???, ada beberapa pertimbangan, diantaranya adalah :

1. Jenis motor (4 tak atau 2 tak)
---> untuk 4 tak, kita perlu mengetahui dulu kompresi mesinnya, semakin rendah kompresinya (biasanya dibawah 9.2:2) lebih baik menggunakan premium, karena kompresi yang kecil justru akan terbebani jika menggunakan pertamax akibat panas yang berlebihan pada mesin ketika beroprasi, sementara semakin tinggi kompresi (mulai dari 9.2:2) akan lebih baik menggunakan pertamax dikarenakan semakin tinggi kompresi maka semakin tinggi pula kebutuhan dalam ruang bakar.
---> Untuk 2 tak, lebih idealnya menggunakan premium saja, apa lagi untuk yang belum menggunakan radiator seperti RX-KING, jika dipaksakan menggunakan pertamax, dampak buruknya akan lebih terasa, yaitu mesin akan lebih cepat panas yang akhirnya mati karena overheat.

2. Keberlangsungan penggunaan bahan bakar
            Disini maksudnya adalah, jika agan menggunakan pertamax, apakah sampai seterusnya agan kan terus menggunakan pertamax??, jika iya, berarti aman saja, tapi jika tidak, akan lebih baik jika segera saja diganti dengan premium, karena akan terasa sekali performa dan tingkat kehalusan mesin saat berubah dari pertamax ke premium yang berakibat pada suara mesin yang agak kasar, tarikan agak berat dan belum lagi dampak jangka panjang seperti kerak akibat kurang sempurnanya pembakaran saat menggunakan premium.

3. Lokasi tempat tinggal
            Dibeberapa daerah, ada yang masih sulit untuk menemukan pertamax, sekalipun ada, harganya akan menjadi sangat mahal, dari sini akan memicu kecurangan dari POM Bensin yang ada, dari beberapa kasus terdapat beberapa yang mengoplos premium dengan pertamax untuk mendapat keuntungan lebih, memang tidak terlalu merugikan seperti kasus jaman dulu yaitu bensin dioplos dengan minyak tanah, tapi ya percuma tho, udah keluar uang banyak, eeeeehhh dapetnya oplosan...

Gambar : PERTAMINA

Nah, berikut ane coba beri sedikit info tentang kompresi berbagai motor dari berbagai merk, nggak bisa ane sebutin semua gan, karna terlalu banyak, ane ambil yang banyak dipasaran aja... Cekibroooooooot gan, semoga membantu :

Yamaha :
1. Vega R, Vega ZR & Jupiter (seri Burhan ke atas) 9.3:1 = premium bisa, tapi idelanya pertamax
2. Jupiter MX 10.9:1 = pertamax atau pertamax plus 
3. Mio (Mio dan Soul) 8.8:1 = premium 
4. Xeon 10.9:1 = pertamax atau pertamax plus. 
5. Scorpio & Byson 9.5:1 = pertamax.. 
6. Vixion 10.4:1 = pertamax atau pertamax plus 

Suzuki :
1. Smash Titan 9.5:1 = pertamax
2. Satria FU 10.2:1 = pertamax atau pertamax plus
3. Thunder 9.2:1 = premium bisa, tapi idealnya pertamax
4. Spin, Hayate & Skydrive kompresinya 9.6:1 = pertamax
5. Nex 9.4:1 = pertamax

Honda :
1. Scoopy & Beat 9.2:1 = premium bisa, tapi idealnya pertamax
2. Vario 10.7:1 = pertamax atau pertamax plus
3. PCX 11.0:1 =  pertamax atau pertamax plus
4. CS1 10.7:1 = pertamax atau pertamax plus
5. Blade, Tiger & MegaPro kompresinya 9.0:1 = premium
6. Revo (AT,Abs,Dx,110) 9.0:1 = premium
7. New MegaPro 9.5:1 = pertamax



NB : kalau ada kekurangan atau bahkan kesalahan informasi, mohon maaf gan, ane minta juga pencerahnnya dari para pembaca... Terima kasih. 

1 komentar: