Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Senin, 09 April 2012

Tips Merawat Motor Matic Atau Skutik

Bagi anda pecinta motor matic, berikut ada beberapa tips dalam merawat motor jenis matic.
* Aki
Walaupun beberapa Motor Matic menggunakan Aki type MF (Maintenance Free) atau aki yang bebas perawatan, bukan berarti aki ini tidak perlu dikontrol lagi. Periksa Voltase aki setiap kali melakukan service. Apabila voltage kurang dari 12 volt, maka lakukan pengechasan dibengkel. Ini berguna supaya aki tetap awet disaat mesin masih dingin (pagi hari). Biasakan hidupkan motor dengan menggunakan kick starter, setelah mesin panas, baru gunakan elektrik stater karena bagian sepeda motor paling banyak menggunakan strom adalah dinamo starter.


* Karburator
Karburator merupakan komponen penting pada sepeda motor. Apabila komponen ini bermasalah kita tidak bisa mengendarai motor dengan nyaman atau motor tidak bisa jalan sama sekali. Lakukan service rutin (bersihkan) karburator setiap 2500 km atau 2 bulan sekali.


* Oli
Lakukan penggantian oli secara periodik. Oli diganti pada 500 km pertama atau 1 bulan dan setiap 2500 km atau 2 bulan berikutnya. Gunakan oli Jaso MB. Oli tersebut cocok dengan motor matic yang mana menggunakan kopling kering. Dan untuk kekentalannya, gunakan SAE 10/40 w. Oli ini agak encer sehingga membuat putaran jadi ringan dan irit bahan bakar.


* Air Cleaner (saringan udara)
Air cleaner berfungsi untuk menyaring debu yang akan masuk ke karburator. Apabila ini kotor, berarti aliran udara akan tersumbat dan udara yang masuk akan sangat sedikit sehingga akan mengakibatkan motor berasap hitam, boros BBM dan mesin tak memiliki performa prima. Bersihkan saringan udara setiap 2500 km atau dua bulan dan ganti saringan udara setiap dua tahun.


* Filter Oli
Filter Oli berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran oli yang tersangkut oleh oli saat sirkulasi. Walaupun sudah rutin melakukan ganti oli, jika tidak pernah diganti itu bisa berakibat fatal. Karena, walaupun oli baru tapi kalau filter oli tersumbat maka oli tetap tidak bisa bersirkulasi. Jadi lakukan penggantian filter oli pada 500 km pertama atau 1 bulan dan ganti setiap 5000 km atau setiap 2 kali ganti oli ganti filter.


* Busi
Busi berfungsi untuk memercikan bunga api kedalam ruang bakar untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga bisa menghasilkan tenaga yang maksimal. Bila busi bermasalah, bisa mengakibatkab motor kurang tenaga dan boros bahan bakar. Atau, akibat paling buruk motor bisa mogok, jadi bersihkan busi dengan menggunakan sikat busi setiap 2500 km atau dua bulan dan ganti busi setiap 7500 km atau enam bulan.


* CVT (Contiously Variabel Transmission)
CVT merupakan sistem transmisi otomatis. Disistem ini sudah tidak menggunakan perpindahan gigi karena pada sistem ini sudah menggunakan 2 pully yang dihubungkan oleh V-belt untuk merubah kecepatan yang diinginkan. Pada ruang CVT, harus bersih dari debu sehingga tenaga yang dihasilkan bisa maksimal. Bersihkan ruang CVT setiap 2500 km atau setiap dua bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar