Singkat cerita, malamnya temen ane pun dateng, setelah ngobrol panjang lebar, tiba-tiba dia berkata "pak, kok ternyata motormu nggak bisa kenceng ya, masa 80 udah mentok?"... Nah dari situ ane serasa kesamber geledek gan hahahahah :)...Ane sudah pernah bahas tentang top speed VEGA ZR ane (120 kpj), untuk lengkapnya klik disini. Saat itu pun ane mikir keras "pa bener nih yang diomongin temen ane, masa ya 80 udah mentok??", perasaan ane mau jalan 100 kpj ja enteng-enteng aja kok... Nah mulai dari situ ane menyelidiki gimana cara temen ane mbetot VEGA ZR ane, dari situlah baru ane sadar bahwa cara mengendarai akan mempengaruhi top speed yang dihasilkan motor...
Jadi gini gan, karena terbiasa menggunakan produk HONDA, jadi temen ane asal mbetot aja tanpa ada perhitungan kapan saatnya menambah/mengurangi porseneling... Mungkin jika motor HONDA, kapanpun dan pada kecepatan berappun agan melakukan perpindahan gigi, itu tidak akan berpengaruh pada top speed yang dihasilkan, hanya berpengaruh pada cepat/lambatnya motor mencapai top speed maksimal... Tapi ketika motor yang digunakan adalah YAMAHA, terutama VEGA ZR (karena ane punya nya VEGA ZR gan heheheh) harus ada perhitungan tersendiri kapan saatnya kita harus mengoper porseneling... Dari sini muncullah pertanyaan "dari mana kita tau kapan harus melakukan perpindahan gigi?", nah seandainya agan memasang variasi tachometer tentu akan lebih mudah mengetahui kemampuan maksimal motor agan, karna pada dasarnya walaupun sesama VEGA ZR tetap saja setiap motor tu berbeda... Cara yang paling mudah ya seperti ane gan, terus dan terus mencoba hingga kita tau mana putaran yang paling pas untuk menambah gigi, patokannya untuk kita mengingat di kemudian hari ya speedometer gan, karena emang kagak ada RPM nya...
Nah, dari situ ane coba jelasin ke temen ane gan, kemudian dia pun tertarik untuk mencobanya, setelah beberapa kali, akhirnya diapun bisa mencapai top speed kurang lebih 102 kpj...
Ok gan, itu sedikit berbagi pengalaman yang pernah ane alami gan... Semoga bermanfaat... Salam OKTAN 88
Tidak ada komentar:
Posting Komentar