Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Jumat, 13 April 2012

Contoh Skripsi : Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru Administrasi Perkantoran SMK Se-Kabupaten Kudus


SARI


Hendrawan, Helmy. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru Administrasi Perkantoran SMK Se-Kabupaten Kudus. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Murwatiningsih, M.M. Pembimbing II : Dra. Nanik Suryani M. Pd.

Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Fasilitas Kerja, dan Kinerja Guru.

            Kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua prodi Administrasi Perkantoran SMK di kabupaten Kudus diperoleh informasi bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja sudah baik. Akan tetapi kenyataanya kinerja guru masih belum optimal. Berdasarkan hal tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Administrasi Pekantoran, (2) adakah pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran, (3) adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah tehadap kinerja guru Administrasi Perkantoran, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran.
           
            Populasi dalam penelitian ini adalah guru Administrasi Perkantoran SMK se-kabupaten Kudus yang berjumlah 60 orang. Pnelitian ini tidak menggunakan tehnik sampling, melainkan menggunakan tehnik sensus dimana seluruh populasi digunakan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan fasilitas kerja (X2) serta variabel terikat kinerja guru (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16.0.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Uji regresi berganda diperoleh koefisien kepemimpinan kepala sekolah sebesar 0,5 dan fasilitas kerja sebesar 1,864 terhadap kinerja guru. Uji F diperoleh Fhitung = 29,836. H3 yang berbunyi “Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran se-kabupaten Kudus”, diterima. Secara parsial (uji t) kepemimpinan kepala sekolah (X1) diperoleh thitung = 3,491, sehingga H1 “Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran se-kabupaten Kudus”, diterima.Variabel fasilitas kerja X2 diperoleh thitung = 4,231, sehingga H2 yang berbunyi “ada pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran se-kabupaten Kudus”, diterima. Secara simultan (R2) kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran sebesar 49,4%. Secara parsial (r2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran sebesar 17,64% dan pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran sebesar 23,91%.

Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja guru Administrasi Perkantoran baik secara simultan maupun parsial. Fasilitas kerja (X2) mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja guru (Y). Disarankan kepada kepala sekolah untuk lebih meningkatkan ketrampilan dalam memimpin terutama ketrampilan dalam memberikan penilaian. Kepada pihak sekolah untuk lebih melengkapi fasilitas penunjang belajar mengajar, terutama ketersediaan sarana secara lebih lengkap. Kepada Guru Administrasi Perkantoran untuk lebih meningkatkan kinerja guru terutama dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berlangsung secara efektif dan terstruktur.

Untuk download skripsi lengkapnya silahkan klik disini.

                                        *****SEMOGA BERMANFAAT*****

1 komentar:

  1. WAW.........saya sudah membaca isi skripsi anda secara keseluruhan. Amazing!!!!!!hebat dan menakjubkan. Saya yakin ini hasil yang sangat maksimal yang telah anda peroleh. Semoga berhasil Bapak. Dan pesan saya untuk semua guru, mahasiswa (baik yang sedang buat skripsi atau yang hanya suka baca skripsi)dan para praktisi pendidikan untuk membaca skripsi ini.
    Amazing!!!!!!!1

    BalasHapus