Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Selasa, 21 Februari 2012

Yamaha BYSON VS Yamaha V-Ixion





(BYSON dan V-IXION tu beda, JANGAN BANDINGKAN kakak beradik ini). Berikut ini sedikit Pembahasannya :
Rasanya memang agak terlalu basi kalau kita masih membahas kuda besi yang satu ini. Namun masih banyak pertanyaan dikalangan pecinta motor street fighter tentang performa dari Byson ini.
Motor sport kelas 150 CC ini dilempar ke pasaran dengan banderol antara Rp 19,8 juta sampai Rp 20 juta On The Road pada tahun 2010 lalu oleh YMKI.
Byson sendiri adalah motor sport beraliran street fighter terbaru yang diluncurkan oleh Yamaha Indonesia, padahal sebenarnya sudah lebih dulu diluncurkan di India dengan nama FZ16. Mesinnya berkapasitas 153cc, dengan karburator (belum injeksi), bertenaga 10,1 Ps. Lebih menariknya, Byson ini juga sudah dilengkapi speedometer digital, knalpot dengan katalytic conventer, serta garpu besar dan menggunakan ban tapak lebar, sehingga menjamin handling Byson yang tetap stabil saat diajak bermanuver.

Spesifikasi Yamaha Byson :

Dimensi :
PxLxT                                      : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda                     : 1.334 mm
Jarak terendah ke tanah            : 160 mm
Tinggi tempat duduk                 : 790 mm
Berat isi                                    : 135 kg
Kapasitas tangki bensin             : 12 liter

Mesin :
Tipe mesin                               : 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal/tegak
Volume silinder                        : 153 cm3
Diameter x langkah                  : 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi            : 9,50:1
Daya maksimum                       : 10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum                       : 10,5 Nm / 5.500 rpm
Sistem starter                           : Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas                        : Basah
Kapasitas oli mesin                  : Total 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter
Tipe karburator                       : Mikuni BS26X1
Tipe kopling                            : Basah, kopling manual
Tipe transmisi                          : 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)

Rangka :
Tipe rangka                              : Diamond
Suspensi depan                        : Teleskopik
Suspensi belakang                    : Suspensi Monocross
Ban depan                               : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang                           : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan                              : Cakram
Rem belakang                                     : Tromol

Kelistrikan :
Sistem pengapian                    : DC CDI
Battery                                    : YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy                                : NGK CPR 8EA-9

Spesifikasi Yamaha V-Ixion :

Mesin : 
Tipe Mesin : Liquid Cooled, 4T, SOHC
Diameter x Langkah : 57 x 58,7 (mm)
Volume Silinder : 149.8 cc
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Sistem Starter : Kick & Electric Starter
Power : 11.10 kw (14.88 HP) / 8,500 rpm
Torsi : 13.10 nm (1.34 Kgf.m)/ 7,500 rpm 

Bahan Bakar : 
Bahan baker disarankan : Unleaded Gasoline (Premium tanpa timbal)
Kapasitas tangki : 12 Ltr
Sistem pelumasan : Tipe basah

Throtle Body : 
Tipe : AC 28/1
Merk / Buatan : MIKUNI
Cam Chain : Silent Chain / 96
Tensioner : Automatic
Celah Katup 
- Masuk : 0.10 ~ 0.14 mm
- Buang : 0.20 ~ 0.24 mm

Dimensi :
Lebar : 705 mm
Tinggi : 1,035 mm
Panjang : 2,000 mm
Jarak terendah ke tanah : 167 mm
Berat Bersih : 114 Kg
Berat Kotor (+ cairan) : 125 Kg
Filter Udara : Tipe Kering

Kelistrikan
Tipe : YTZ5S MF BATTERY
Kapasitas : 12V 3.5 Ampere
Tipe / Buatan : CR 8 E (NGK) / U 24 ESR-N (DENSO)
Gap Busi : 0.7 ~0.8 mm



Setelah menyimak spesifikasi diatas, tentunya secara kasat mata kita sudah dapat menebak perbedaanya dengan Yamaha V-Ixion, yang dimana kedua motor ini selalu dibanding-bandingkan kemampuannya melibas jalanan, mulai dari top speed, konsumsi BBM dll.
Beberapa kelemahan Byson dibandingkan V-Ixion :
1.    Byson belum mengusung mesin Injeksi seperti V-Ixion, jelas Byson kalah irit.
2.    Kaki-kaki yang jauh lebih besar dari pada V-Ixion, tentu akan lebih menambah beban motor.
3.    Byson menggunakan mesin SOHC 2 valve, sementara V-ixion SOHC 4 valve.
4.    Pada titik grafitasi Byson terdapat tambahan seberat 5Kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar