(BYSON dan V-IXION tu beda, JANGAN BANDINGKAN kakak beradik ini). Berikut ini sedikit Pembahasannya :
Rasanya memang agak
terlalu basi kalau kita masih membahas kuda besi yang satu ini. Namun masih
banyak pertanyaan dikalangan pecinta motor street fighter tentang performa dari
Byson ini.
Motor sport kelas 150
CC ini dilempar ke pasaran dengan banderol antara Rp 19,8 juta sampai Rp 20
juta On The Road pada tahun 2010 lalu oleh YMKI.
Byson sendiri adalah
motor sport beraliran street fighter terbaru yang diluncurkan oleh Yamaha Indonesia, padahal sebenarnya sudah lebih dulu diluncurkan di India dengan nama
FZ16. Mesinnya berkapasitas 153cc, dengan karburator (belum injeksi), bertenaga
10,1 Ps. Lebih menariknya, Byson ini juga sudah dilengkapi speedometer
digital, knalpot dengan katalytic conventer, serta garpu besar dan menggunakan ban
tapak lebar, sehingga menjamin handling Byson yang tetap stabil saat diajak
bermanuver.
Dimensi :
PxLxT : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
PxLxT : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda : 1.334 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 liter
Mesin :
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin
udara
Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal/tegak
Volume silinder : 153 cm3
Diameter x langkah : 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi : 9,50:1
Daya maksimum : 10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 10,5 Nm / 5.500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas : Basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,2 liter, pergantian
berkala 1 liter
Tipe karburator : Mikuni BS26X1
Tipe kopling : Basah, kopling manual
Tipe transmisi : 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)
Rangka :
Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Monocross
Ban depan : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol
Kelistrikan :
Sistem pengapian : DC CDI
Battery :
YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy : NGK CPR 8EA-9
Spesifikasi Yamaha V-Ixion :
Mesin :
Tipe Mesin : Liquid Cooled, 4T, SOHC
Diameter x Langkah : 57 x 58,7 (mm)
Volume Silinder : 149.8 cc
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Sistem Starter : Kick & Electric Starter
Power : 11.10 kw (14.88 HP) / 8,500 rpm
Torsi : 13.10 nm (1.34 Kgf.m)/ 7,500 rpm
Tipe Mesin : Liquid Cooled, 4T, SOHC
Diameter x Langkah : 57 x 58,7 (mm)
Volume Silinder : 149.8 cc
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Sistem Starter : Kick & Electric Starter
Power : 11.10 kw (14.88 HP) / 8,500 rpm
Torsi : 13.10 nm (1.34 Kgf.m)/ 7,500 rpm
Bahan Bakar :
Bahan baker disarankan : Unleaded Gasoline (Premium tanpa timbal)
Kapasitas tangki : 12 Ltr
Sistem pelumasan : Tipe basah
Bahan baker disarankan : Unleaded Gasoline (Premium tanpa timbal)
Kapasitas tangki : 12 Ltr
Sistem pelumasan : Tipe basah
Throtle Body :
Tipe : AC 28/1
Merk / Buatan : MIKUNI
Cam Chain : Silent Chain / 96
Tensioner : Automatic
Celah Katup
- Masuk : 0.10 ~ 0.14 mm
- Buang : 0.20 ~ 0.24 mm
Dimensi :
Lebar : 705 mm
Tinggi : 1,035 mm
Panjang : 2,000 mm
Jarak terendah ke tanah : 167 mm
Berat Bersih : 114 Kg
Berat Kotor (+ cairan) : 125 Kg
Filter Udara : Tipe Kering
Tipe : AC 28/1
Merk / Buatan : MIKUNI
Cam Chain : Silent Chain / 96
Tensioner : Automatic
Celah Katup
- Masuk : 0.10 ~ 0.14 mm
- Buang : 0.20 ~ 0.24 mm
Dimensi :
Lebar : 705 mm
Tinggi : 1,035 mm
Panjang : 2,000 mm
Jarak terendah ke tanah : 167 mm
Berat Bersih : 114 Kg
Berat Kotor (+ cairan) : 125 Kg
Filter Udara : Tipe Kering
Kelistrikan
Tipe : YTZ5S MF BATTERY
Kapasitas : 12V 3.5 Ampere
Tipe / Buatan : CR 8 E (NGK) / U 24 ESR-N (DENSO)
Gap Busi : 0.7 ~0.8 mm
Gap Busi : 0.7 ~0.8 mm
Setelah menyimak spesifikasi diatas, tentunya secara kasat mata kita sudah dapat menebak perbedaanya
dengan Yamaha V-Ixion, yang dimana kedua motor ini selalu dibanding-bandingkan
kemampuannya melibas jalanan, mulai dari top speed, konsumsi BBM dll.
Beberapa kelemahan Byson dibandingkan V-Ixion :
1.
Byson belum mengusung mesin Injeksi
seperti V-Ixion, jelas Byson kalah irit.
2.
Kaki-kaki yang jauh lebih besar dari
pada V-Ixion, tentu akan lebih menambah beban motor.
3.
Byson menggunakan mesin SOHC 2 valve,
sementara V-ixion SOHC 4 valve.
4.
Pada titik grafitasi Byson terdapat
tambahan seberat 5Kg.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar