Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Selasa, 21 Februari 2012

Yamaha MIO FINO VS Honda SCOOPY


Yamaha Indonesia akhirnya memproduksi juga skutik model retro dengan produk andalan Mio Fino. Padahal, saat Honda memasarkan Scoopy pada 2009, Yamaha sempat menyatakan, seperti diutarakan Dyonisius Beti, Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), bahwa pasar skutik retro saat itu sesuai hasil survei masih kecil.
Akan tetapi, dengan hadirnya Mio Fino sekarang ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan wanita yang ingin tampil beda dan tetap nyentrik dengan tunggangannya yang easy riding. Mereka kini bisa tampil lebih bergaya, apalagi banyaknya varian Mio Fino menjawab kebutuhan itu.

Spesifikasi :


Lawan Fino disini adalah Scoopy. Meski agak telat, namun Fino disni hadir dengan tampilan lebih atraktif melalui desain stripping dengan 3 varian (Classic, Fashion, dan Sporty) yang tersedia dalam tujuh pilihan warna. 
Sementara itu, Scoopy hanya punya satu varian dengan lima pilihan. Namun, Scoopy punya dua fitur keselamatan,  brake lock (kunci tuas rem seperti yang ada pada Beat & Vario), dan standar samping otomatis (side stand switch) yang tidak terdapat pada Fino.




Sedangkan untuk urusan harga, Fino lebih kompetitif dengan Rp13,5 juta-Rp 13,65 juta per unit (on the road Jakarta), sementara Scoopy dilempar kepasaran dengan harga Rp 13,725 juta per unit. Dengan dua karakteristik yang berbeda, pilihan sepenuhnya ada di tangan konsumen. Berikut spesifikasinya :

Spesifikasi
Honda Scoopy
Yamaha Mio Fino
Panjang x lebar x tinggi
1.844 x 699 x 1.070 mm
1.830 x 705 x 1.050 mm
Jarak sumbu roda
1.240 mm
1.240 mm
Jarak terendah ke tanah
150 mm
125 mm
Berat kosong
94 kg
94 kg
Tipe rangka
Tulang punggung
Steel pipe underbone
Tipe suspensi depan
Teleskopik
Teleskopik
Tipe suspensi belakang
Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
 Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran ban depan
80/90 - 14 M/C 40P
70/90 - 14M/C 34P
Ukuran ban belakang
80/90 - 14 M/C 46P
89/90 - 14M/C 40P
Rem depan
Cakram hidraulis dengan piston tunggal
Cakram hidraulis dengan
piston tunggal
Rem belakang
Tromol
Tromol
Kapasitas tangki bensin
3,5 liter
 4,1 liter
Tipe mesin
4 langkah, SOHC
4 Langkah, SOHC
Diameter x langkah
50 x 55 mm
50,0 x 57,9 mm
Volume
108 cc
113,7 cc
Perbandingan kompresi
9,2 : 1
8,8 : 1
Daya maksimum
8,28 PS/8.000 rpm
8,35 PS/8.000 rpm
Torsmi maksimum
0,85 kgf.m/5.500 rpm
7,84 Nm/7.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin
0,7 liter pada penggantian periodik
Total: 0,9 liter dan 0,8 liter pergantian periodik
Kopling otomatis
otomatis, sentrifugal, tipe kering
 otomatis, sentrifugal, tipe kering
Gigi transmisi
Otomatis V-Matic
CVT Otomatis
Pola pengoperan gigi
-
-
Starter
Kick starter dan elektrik
Kick starter dan elektrik
Aki
MF 12 V - 3 Ah
YTZ4V (MF battery)/
GTZ4V (MF battery)
Busi
ND U24EPR9, NGK CPRBEA-9
C7HSA (NGK)/U22 FS-U (DENSO)
Sistem pengapian
DC-CDI, Baterai
DC-CDI, Baterai










Fino VS Scoopy :
1.    Handling : disini Fino memiliki dimensi yang lebih kecil, jadi untuk segi kelincahan, Fino jelas lebih unggul. Penampang kaki Fino juga sedikit lebih sempit jika dibandingkan Scoopy.
2. Mesin : meskipun Fino disini memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, akan tetapi akselerasinya cenderung lambat dan agak kurang responsif, sedang kan untuk tenaga puncak, Fino yang memiliki kapasitas mesin lebih besar jelas lebih unggul.

1 komentar:

  1. Wah boleh tu ditambah dengan informasi motor-motor yang lain lagi...

    BalasHapus