Search

Happy Enjoy In "Monster Air" World

Senin, 06 Mei 2013

Kelemahan Yamaha VEGA ZR

Ok gan, mungkin udah basi banget kalo kita bahas masalah motor yang satu ni (udah kedaluwarsa :) hehehe)... Tapi belakangan ane liat ko masih banyak yang mengeluh tentang keadaan motor Yamaha VEGA ZR nya, berikut beberapa kelemahan yang sering ane baca gan :
1. Oli cepet berkurang
2. Terkadang mesin terasa ngempos
3. Suara klep yang kasar
4. Kurang tangguh ditanjakan
5. Mesin cepat panas
6. Kenalpot ngebul/keluar asap putih
7. Larinya kurang kenceng (rata-rata keluhan orang2 sih antara 80-90 kpj)
8. Sulit distarter (baik engkol maupun elektrik)...dan Masih banyak lagi gan,ane lupa,dicari sendiri ya hehehe...
Ok Ok, sabar dulu gan, sebelum kita bahas, ane sih netral ya,Honda OK, Yamaha OK, Suzuki/Kawasaki pun tetep OK, tapi paling anti ma MoCin hehehehe "PEACE"... Ane juga pengguna VEGA ZR gan, berikut penampakannya :
Masih STANDAR gan


Sedikit MODIFIKASI
Bagus kan gan???,eeiiiittzz,biarpun kaya gitu,udah pernah tampil di OTOPLUS dan OTOTREN lhoooo.....(PD melanda hahahaha)...Ok, kembali ke topik,tu VEGA ZR keluaran pertama tahun 2009,dan kalau sekarang tahun 2013 ya udah 4 tahun dan kilometernya udah mencapai 59.XXX km...yang perlu diingat adalah selalu pemakaian luar kota dan daerah yang menanjak cukup tinggi (maklum,tempat kuliah ane doeloe luamayan gunung gan),belum lagi kalo jalan-jalan ama gebetan gan,waduh sukanya daerah wisata yang pegunungan,nanjaknya aja gak ketulungan,dan terjadi terus menerus sejak tu motor ane bawa tahun 2009 lalu... Dari situ ane agak heran, dari sekian hal yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna VEGA ZR yang telah saya sebutkan diatas tu nggak satupun yang ane alami...
- Ok mungkin dulu ane pernah sedikit mengalami "BERKURANGNYA OLI", tapi nggak banyak dan masih wajar (belum perlu untuk ditambah olinya), tapi selain itu sih normal aja dan nggak ada gangguan apa-apa.
- Untuk "SUARA KLEP KASAR" sih menurut ane cuma perlu diset ulang aja tu setingan klepnya,mungkin agak terlalu longgar...Emeng sih kalau klep nya terlalu kenceng juga "LARINYA AGAK NGEMPOS" gan...
- Kemudian untuk kasus "KURANG TANGGUH DITANJAKAN" ane bener-bener nggak setuju gan,ni serius pengalaman ane tanpa kebohongan sama sekali,untuk Menanjak tu VEGA ZR joozz banget,ane udah sering banget nanjak sana sini dan nggak pernah ada kendala (keadaan berboncengan)...

"SEDIKIT SHARE : KALAU AGAN PAKAI KNALPOT RACING SEPERTI YANG ANE PAKE TU WAKTU MODIF (YOSHIMURA), TARIKAN AWAL DAN AKSELERASINYA TERASA AGAK LEMOT GAN, SEHINGGA WAKTU MELIBAS TANJAKAN HARUS ADA PENYESUAIAN LAGI DALAM CARA BERKNDARANYA, TAPI TOP SPEEDNYA NAMBAH"

- Untuk yang mengeluh "MESIN CEPAT PANAS", Ok,ane amini gan,emang bener,apalagi kalo agan pake olinya YAMALUBE, tapi setelah ane tanya-dan baca-baca,ternyata emang itulah karakter mesin VEGA ZR... Dan yang perlu agan ketahui adalah "panasnya masih dalam taraf WAJAR dan nggak akan menimbulkan OVERHEAT"...Jadi agan nggak perlu khawatir untuk perjalanan jarak jauh...Amaaaann...Laaanjoootttt gan...
- "KENALPOT NGEBUL/KELUAR ASAP PUTIH"...kalo yang satu ni ane bener-bener gak tau deh gan,disamping ane belum pernah ngalamin hal yang satu ni,ane juga berpikir kalau udah keluar asap kaya gini bukannya kerusakan mesinnya udah lumayan ya gan???,ya nggak sih??...tolong infonya bagi agan yang tau...
- "KECEPATAN KEBANYAKAN ORANG ADALAH 80-90 kpj"...kalau untuk yang satu ini,ane gak tau dah,yang jelas kalau VEGA ZR ane pake knalpot standar sih tembus 100 (boncengan) - kurang lebih 105 kpj (singgel)... Dan kalau pakai tu knalpot YOSHIMURA jadi kurang lebih 110 (boncengan) - sekitar 120 kpj (singgel)...MESIN STANDAR ya gan,gak pake merubah apapun pada komponen mesin...
- "SULIT DISTARTER (ENGKOL/ELEKTRIK)"...kalau engkol sih emang harus 2-3 kali baru nyala,apa lagi kalau pagi,bisa sampai 4 kali,gak tau tu wajar ato gak sih gan???...sedangkan untuk elektrik sih sejauh ini lancar jaya dan belum pernah gani accu gan, cuma yang bikin ane sedih (lebay.com) sejak februari lalu (masuk tahun ke 4) tu accu dah mulai tekor gan,masih kuat sih buat starter,tapi jarang-jarang...

"SEDIKIT SHARE : SERVICE RUTIN DARI BARU,OLI SELALU YAMALUBE,RANTAI ANE PAKE PUNYA "KAWASAKI BLITZ" (NGGAK GAMPANG MOLOR),BAN DEPAN UKURAN 2.75 DAN BELAKANG UKURAN 3.00"

Dengan perawatan seperti diatas, dijamin siiiiiiiippp gan buat perjalanan jarak jauh dan tanjakan...

OK gan, tu sedikit pengalaman ane dalam menggunakan motor VEGA ZR,mungkin agan-agan yang punya pengalaman lebih bisa di share gan buat berbagi pengalaman...Thanks...

101 komentar:

  1. okey bro w setuju sama loe punya saran......mantaaaaap
    mungkin bisa konsultasi juga nih bro masalah motor ini: vega zr
    vega zr taon 2011 awal w beli motor jenis ini...
    wenakk bgt tarikan motor baru w ini lincah dijalan n tarikannya juga enteng.... itu tarikan enak karena w ganti oli : agak mikir panjaanng w setelah w baca chat diatas! gan!??? soalnya gan oli yg loe sebut enak maaf YAMALUBE itu yang u pake oli tersebut banyak komplain dari pihak pemake oli tersbut termasuk w gan ! nah yang mengkagetkan pengakuan dari mekanik bengkel yamaha resmi pun menuturkan bahwa oli YAMALUBE kurang bagusss kendalanya :
    1. starter berat maupun diengkel
    2. tarikan ngemposs
    3. mesin cepet pan
    4. olinya gampang kotor

    mungkin gan u promosi yamalube atau gimana hahahahahahahahaha tanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit share lagi ni gan...slama ane pke yamalube,emang bner sih cepet panas...bahkan kalau ane bandingkan ketika ane pernah pake oli repsol,jelas jauh perbedaan tingkat panasnya mesin (panas yamalube)...tapi tarikan malah lebih enteng pake yamalube gan, kalau pake repsol agak kaya "selip kopling"...
      Satu lagi gan, slama pake yamalube,yang ane rasain tu performa justru jelek ketika suhu udara dingin (ketika mendung gelap/hujan),ditambah lagi kalau motor juga dalam kondisi belum panas,tambah brasa lagi gak enaknya...
      Tapi waktu pake oli repsol,ane rasain segala suhu tetep oke...

      NB : Sory gan, ane bukan promosi, ane langsung sebut merk ja gan, karena ane anggep ni sharing sesama pengguna Vega ZR, jadi bisa lebih jelas gitu gan pa problem nya...Sekali lagi sory gan, ni juga sekedar pengalaman ane aja, mungkin berbeda pengalaman tiap orang...Thank's :)

      Hapus
    2. Sya juga bg. Pakek vega zr 2010 pakek repsol lumayan enak bg. Soal nya saya ojek online bg dan untuk kecepatan sya hanya ganti gigi tarik aja 15 depan dan 30 belakang. Jdi pas gigi 3 lumayan panjang nafas nya dan apa lgi masuk gigi 4 makin jos. Tpi diawal sgt berat

      Hapus
    3. Olinya yg bagus buat vega R apa bro

      Hapus
  2. ane juga penyemplak vega zr taun 2009,,, so far ane cukup puass,,, memang sih oli pasti berkurang dan mesin cepet panas... tapi masih dalam tahap normal,, body2 juga gak geter.. masalah oli,, ane suka pake product shell dari pada yamalube.. shell ax7 atau kalau lagi bokek ax5 hehe :D lebih adem di mesin,, performa juga lebih ok.. tahan lama dari pada yamalube yg enak cuma 300km pertama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya soal topspeed cuma 100kpj,, semua standard dan mesin agak batuk2,, :D

      Hapus
  3. Menurut saya semuanya benar...maslah oil sya masih pakai yamalube , saat ku coba racing ama satria fu, sya menang 3x putaran padahal cc-nya 115 tapi topspeednya sampai 126 kpj.....semuanya masih standard......hiks hiks hiks.....was-kum......

    BalasHapus
  4. saya kuarng setuju dengan,
    1. Oli cepet berkurang,
    6. Kenalpot ngebul/keluar asap putih.
    soalnya tu tergantung perawatannya sama pemakaiannya. saya dah pakai motor vega rz seri pertama (2010/lampu sen kuning) sampai sekarang olinya gak habis2, soalnya saya ganti oli sesara rutin dan pamaikannya gak asal2n, dan saya juga belum pernah ngalamin knalpot ngebul, soalnya knalpot nebul tu di pengaruhi faktor ganti oli gak teratur, pemakaian yang asal2n, perwatan yang asal2n juga. kalo masalah selain tu saya juga pernah ngalamin, tapi saya gak terlalu pikirin soalnya saya kalo bawa motor santai, bukan kayak pembalap jalan raya...
    Vega RZ First Class...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku perawatan rutin kdang ngebul juga

      Hapus
    2. Klo ngebul itu krn dua hal :
      Pertama :

      ring olie di piston rusak,atau linear booring baret jd olie minggat smpai ke ruang bakar,ini disertai tanda2 sulit nyala klo pagi,tenaga merosot,dan ngebul hmpir tiap wkt ga pduli speed rendah atau tinggi tetap aja ngebul..makin ngebul di RPM tinggi..dan ini msk kategori wajar krn sdh umur minta ganti ring atau oversize.

      Kdua :
      krn seal klep sdh aus/saatnya ganti,ngebul type ini hy saat speed tinggi/putaran mesin tinggi spt saat nanjak pke gigi satu,saat ngebut ,intinya saat RPM tinggi, dan ngebul stop jika RPM langsam atau rendah.

      Dr kedua hal itu adalah wajar mengingat umur zr sdh bukan kmarin sore,part2 spt kampas ganda,kampas kopling,seal klep,rantai keteng, adalah part2 yg notabene ada masa pakai nya/tergantung dr bagaimana menggunakan mtr masa nya.
      Jika owner cewe rajin ganti olie dan ga prnh lbih dr 60kpj,tiap hari hy bolak balik kantor ke rumah 10KM, tentu kondisi zr akan beda dgn owner bujang lapuk jomblo berjilid.

      Hapus
    3. Sip.punyaku luar kota terus

      Hapus
  5. gan ane mau tanya tuh cakran belakang, master, kaliper, tromol pake punya motor apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kloningan gan...
      - Selang, pompa & tempat oli : Ori Satria FU
      - Piringan + dudukan + tromol : Satria R
      - Kaliper : Nissin

      Hapus
  6. Gue pake zr tahun 2009 ndk ada masalah tuh start pertama ok mo engkol mo elektrik, oli yamalub spotr, bekasi lampung masih ok, top spetd 105, mesin ndk cepet panas

    BalasHapus
  7. titip link ya kawan http://subhanhabibi.blogspot.com/2013/04/bisnis-online-paling-mudah-dan.html

    BalasHapus
  8. tolong jelaskan cara memasang rem cakram belakang pada Vega ZR+biayanya?

    BalasHapus
  9. Bonte koplak : cdi nya standar ga? Kopling standar ga? Karbu standar zr ga? Bhabhabhabahaahah... gw sih pake BM1 trus brur penguapan nya kecil.. emang agak berat tp cuma beberapa hari.. oli cepet nguap mungkin dari piston yg udah aus gan.. coba oversize aja.. klo mau lari lebih dari 100kpj main di konsumsi bbm sama oksigen gan.. tp harus di imbangi semua dari besar piston, klep dll untuk kopling emang pabrik yamaha sengaja bikin slip kopling biar ga pada kebbut2an di jalan.. hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. standar jeglek gan,pokoknya yang nggak ane sebutin perubahannya ya brarti masih standar... :)

      Hapus
    2. Sy pakek vega zr banyak bener kendala nya paling males apa lg buat dgang mudah panas mau ganti blm ada uang ane motor vega zr kita udh rutin oli madih apa engkol susah bangt blem kg sntar susah aneh bangat

      Hapus
  10. wahh bener banget tuh gan....
    tapi kalo ganti seher yang masuk kira" seher apaan ya gan, soalnya gw udah pake NOB1 tarikannya masih ccd juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. NOB1 emang cacat gan
      cb pake R9 ato DBS, pasti nampol!!

      Hapus
  11. Ane pake Vega R 2007 -- sampe sekarang masih joss, panas iya tp gak masalah, dulu iya sering susah stater sekarang udah gak lagi. ane pake oli bebas kerak gan. agak mahal sih namun mantap 6 bulan sekali ganti oli. starter udah gada masalah lagi.... masih yahut. semua standar gada perobahan, cuma pelek ganti pake punyanya vixion

    BalasHapus
  12. kerusakan motor lebih banyak tergantung dari cara memakainya. Sebagus apapun jenis motornya, kalau makaianya nggak bener ya cepat rusaklah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake kebut, tabrakan rusak parah bro.
      Normal 60 ya awet g pake nabrak

      Hapus
  13. Modif Segitu abis berapa duit mas ?

    BalasHapus
  14. gan meh tanya:pasaran vegazr 2011 berapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah paling antara 8-8,5jt tuh gan... Tergantung daerah agan juga sih...

      Hapus
  15. Vega zr ane gak pernah bermasalah gan lawan satria f aja bisa menang satu tiang..
    Tergantung mekanik'y aja kalo urusan mesin..

    BalasHapus
  16. Vega Zr 2010: Vega saya juga sering banget ngebul gan, tiap servis dan ganti oli, olinya sisa dikit banget hampir habis malahan.. mungkin gegara sering ngebul itu ya .. kalo telat beberapa hari lagi bisa habis mungkin, untuk setater juga juga agak tekor tapi sekarang sudah saya ganti accu ..
    Menurut mekaniknya sih emang ukuran dinamo vega zr new jupiter emang agak lebih gede dari vega sebelumnya: jadi konsumsi accu jadi nambah..
    dari dulu saya pake oli yamalube, sebenernya si pengen ganti tapi sayang udah dari dulu pake yamalube..
    dan hari ini saya pulang servis dan ganti oli tapi tidak di bengkel resmi.. bengkel resmi yang ngerjain anak magang jadi males
    kata mekaniknya si 2minggu lagi suruh dateng ke bengkel untuk nyekur dan ngecek apa seher (piston) baik2 aja apa udah kena .. kalo udah kena ya harus ganti biar gak ngebul
    padahal dulu udah pernah ganti piston + boring.
    terma kasih gan
    mungkin ada masukan atau solusi

    BalasHapus
  17. Klo punya q zr 2009,masih oke aja...
    Tapi...
    #klo pke yamalube gak mau lari,mentok 90 kpj,byasae pke enoc pernah 120 kpjsekarang pke ax5baru minggu
    #klo starter masih oke semua,engkol cma 2 kali udah nyala
    #klo klep emg cocok agak renggang. N byasanya d stel toring
    #cuma pernah ganti aki cz udah 4th,am ganti pelek gara2 tukang tambal ban belajaran...

    BalasHapus
  18. Gir Buat Yamaha Vega Biasa Biar Kuat Tanjakan Pake Gir Apa Ya

    BalasHapus
  19. Ane juga pengguna zr 2009, kl pagi mesin msh dingin susah starter, suara blok mesin sebelah kanan bunyi klethek2..apanya ya gan?

    BalasHapus
  20. motor ane juga kasar suara mesinya,ane juga blom tau penyebabnya,tapi klo oli coba pake BM,ane udah pernah pke s''el pernah pake rep'''ol,dari semua yg udah ane coba paling enak pke BM,

    BalasHapus
  21. om om bengkel ente dmna? mw maen lah ksna sekalian konsultasi sesama ZR :D

    BalasHapus
  22. Vega rr ane ndak ada kendala dlm hal mesin.tp klu caunstir dan sok belakang memang iya.coba kalian cek sok belakang.vega r dan vega zr.lbh lentur mana.pasti lentur vega zr.

    BalasHapus
  23. vega zr 2010 kenapa ya gan kalu panas mesti mbandang padahal ane slalu rutin gantioli bengkel sudah pindan 4x mekanik yamaha juga bisanya nyuruh ganti karbu

    BalasHapus
  24. Vega zr ane thn 2010,dulu wktu msh pake yamalube tarikan berat,trus ane pindah ke enduro racing n bahan bakarnya ane pake pertamax,tarikan jd ok baik jalan rata or tanjakan,

    BalasHapus
  25. ane tembus 110kpj mesin dan tampilan standart POL, cuman ane pake RON 92 sm Nitrogen

    BalasHapus
  26. ane punya vega zr korek harian (kohar)
    gan ane make piston cld, noken as std bubut 1mm, klep pake cs-one, kopling TDR, kampas kopling tdr, karbu rx-king (settingan harus bner" merah bata ke businya), busi TDR, koil TDR, CDI standar, knalpot dbs, oli bm, semua kelistrikan normal.
    enak buat pake harian joss banget pokoknya & biayanya cukup terjangkau deh..

    BalasHapus
  27. Gan buat vega zr yg enak n adem pake oli apa yah

    BalasHapus
  28. Gan buat vega zr yg enak n adem pake oli apa yah

    BalasHapus
  29. Begini gan pengalaman ane waktu MESIN SUSAH HIDUP (apalagi pas pagi hari)
    dibawa ke bengkel berapa kali namun tetap aja tu motor besok paginya susah hidup lagi, jangankan besok pagi malampun di coba masih susah hidup juga,
    Kesimpulan ane begini gan, pas dibawa ke bengkel motor sudah dalam keadaan hidup dan mesin sudah cukup panas, ya jelas aja pas di bengkel tampak baik2 saja walaupun mesin di matikan lalu dihidupkan lagi ya pasti gak susah hidup karena mesin sudah panas pas menuju bengkel.
    Bulan berikutnya ane pakai cara gini gan, pas pagi hari susah dihidupan saya biarkan saja lalu saya dorong ke bengkel terdekat, dan setelah mekanik mencoba starter jelas saja susah hidup seperti yang saya alami tiap hari... tiap minggu... tiap bulan.... huuuuuh :(
    Ternyata benar gan.... mekanik cerdas tersebut langsung komentar WAH INI KLEP NYA harus di ganti PLUS dibersihkan PAKING BORING nya, dan waktunyapun gak bisa cuma sejam gan, ane taruh pagi & sore baru bisa di ambil.
    Mengenai ongkos GANTI KLEP Rp 25.000 dan biaya bersihkan PAKING BORING Rp 100.000
    Total Cuma Rp 125.000 tapi motor sudah normal kembali starternya gan, bahkan tarikan nya pun beda banget (mungkin krn paking boringnya dibersihkan kali ya :)
    Terima kasih mekanik cerdas (BENGKEL MOTOR "PALASARI" jalan pasir impun BANDUNG)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit vega ZR susah distater, coba bersihkan karburator secara teliti sampai ke lubang-lubang kecil jangan ada yang tersumbat,bersihkan saringan udara, ganti saringan oli, tutup saluran AIS karena jadi penyebab knalpot nembak jika tidak bersih, mudah-mudahan normal kembali.

      Hapus
  30. malam gan ane mau tanya, kalu vega zr pakai kopling buatan sama gak rasanya kaya motor yang pakai kopling pabrikan, saat ane baca semua tulisan di mbah google, rata2 respond negatif anepun yang tadi niatnya mau ganti pakai kopling jadi mikir2,kira2 gmn yah baiknya, terus motor ane vega zr 2011 sekarang sudah pakai box, jeleknya kalau motor di bawa ngebut speed di atas 70 sampai 80, motor goyang, itu kenapa ya? apa karena box? motor ane stelan standart, cuma arusnya udah ane rubah jadi DC, mohon solusinya gan apa ane harus ganti ban belakang ya? jadi yang kaya di gambar

    BalasHapus
  31. kalau pasang kopling emang agak rawan,karena kebanyakan blok mesin yg beredar tu kualitas kurang bagus,ane sih belum pernah coba,tapi yg jelas komponen yang ada nantinya akan cepet aus karna bagian dalem mesin vega versi ZR sebenernya banyak kelemahan kalau untuk urusan oprek mesin...kalo untuk masalah goyang,jelas box sangat berpengaruh,tapi coba dengan penggantian suspensi yg lebih keras,emang sih suspensi asli nya udah cukup keras,tapi coba agan rasain saat mboncengin orang yang agak gemuk,pasti terasa pantulannya terlalu cepat dan akhirnya krasa goyang saat nikung atau belok karna sekeras-kerasnya setelan pabrikan tetep mengutamakan kenyamanan,penggantian ban lebih besar nggak berpengaruh banyak gan...

    BalasHapus
  32. Setuju lah. w jg punya vega zr tahun 2012. Untuk top speed tembus 120km/jam. Asli, dan masih bisa naik lg kalo trek masih panjang. Cuman butuh penyesuaian di sektor pembakaran. Sekarang motor udh di bokap. Dan 1 lg vega zr super irit walaun pun sudah rubah ruang bakar

    BalasHapus
  33. punya gua gan 2011, mesin nya cepat panas, oli yg gx cepat panas apa gan..?

    BalasHapus
  34. Ane pakai zr 2010 gan. Saran untuk zr nya agan2 yg udah "cape" alias KM nya bnyak. Service besar ajaa. Meliputi Skir klep, ganti ring seher kl emang udah renggang, cek kampas kopling. 3 hal itu kadang yg terlupakan hehhe. Zr ane lari 130 masih mau lanjut tp trek nya uda kburu abis. Spek nya : karbu PE28, seher blitz joy (57mm), porting polish, papas pantat blok nya biar padet, knlpot free flow, kopling di dobel plat diafragma nya (ttep galak tanpa kopling tangan). Ngacirrr hehhe

    BalasHapus
  35. Buat yg cepet panas. Coba cek jalur naiknya oli. Biasa nya mampet jadi oli ga naik ke atas ato seret. Mesin cpt panas. Cek pompa oli nya jg. Merk oli ga trlalu berpengaruh, asalkan sirkulasi lancar, djamin ga cepet panas.

    BalasHapus
  36. saya pakek shell yg warna kuning dan mesin gk cpat panas.

    BalasHapus
  37. mau tanya gan
    aq punya vega zr, klu 2 hr gak d pakai terus yg mau starter sampek kaki mau copot baru bisa idup.
    terus motorq gak bisa lari kenceng, klu kondisi mesin panas mo d tarik d kec 80 up mesin langsung bunyi nyricit.
    kira kira solusinya gmn gan. trims

    BalasHapus
  38. gan info untuk vega zr bagus pake knalpot apa ya?

    BalasHapus
  39. Ane pakai castrol biar mesin ddh skt makin enak..tp skr lg turun mesin gara2 engkol ane losss.sekalian ganti block mesin depn dgn jupiter copotan ane biar mkn awet dan gak mudah panas ebebehe

    BalasHapus
  40. Ane punya zr 2010, emang sih permasalahannya mesin cepet panas, klepnya kasar sama olinya berkurang gan. Kalo boleh tanya apa klepnya harus diganti gan ? Trus oli yg bagus biar mesin ga cepet panas apa ya gan ? Mohon solusinya gan 😃

    BalasHapus
  41. kalo disebutkan kurang joss ditanjakkan sebenarnya salah besar. malah vega zr untuk jalan menanjak cukup kuat dibanding bebek lain.

    ring seher kena, mungkin pengguna Zr jarang ganti filter oli. persis temen ane yg pake new smash, paling rajin ganti oli tapi jarang ganti filter oli, ring sehernya kena deh.

    BalasHapus
  42. Ane sebenarnya penggemar vega ZR berat, karena kelincahan dll, dari tahun yg 2005 pun saya sudah punya yb baru buka bungkus, nah saat ini saya punya yg buatan tahun 2012, secara performance mesin o.k tenaga dan lain-lain, hanya sangat terasa perbedaan kelistritrikan vega 2012 sangat sulit hidup dalam kondisi dingin (pagi-pag) atau setelah motor istrihat beberapa jam-pun di parkiran masih tetap sulit hidup padahal usia motor baru 2 tahun saat itu. Saya sudah bawa ke bengkel masih seperti itu juga, mekanik-nya selalu ngomong bisa aja.. y karena menurut sy motor itu masih dalam kondisi panas baru istirahat sampe dealer jadi di sana sedikit gampang hidup, sampai sampai motor vega ZR 2012 saya saya balikan ke model di bawah tahun 2010 yang on/off lampunya terpisah dan ternyata masih juga sulit hidup, perkiraan saya dengan dipisah on/off lampunya akan lebih megurangi beban aki dan ternyata masih sama aja sulit hidup engkol, apalgi starter. Kemudian saya ganti aki kering semua permasalahan selesai hanya saja aki kering baru 182 ribu GS umurnya hanya 1,5 tahun.
    Masalah oli dulu saya pakai yamalube rasanya berat dll, saya pake enduro agak agak suara agak sedikit kasar tapi enak, nah saya pake mesran baru terasa o.k di segala sisi...apalgi ngebut saat hujan turun wahh josh banget tuh... sangat sangat emput mesinnya & narik gas-nya empuk/lembut banget rasanya, getarannya dan suaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gan kalo mesin zr susah hidup saya kurang setuju tuh,lgian kan ada choke di bagian bawah yg gak perlu seling jd gak perlu khawatir lg seling macet atau rusak, lagian zr saya th 2009 pdhl udh bnyk yg rusak termasuk baru kemaren bagian kopling hancur sampe di masukin gigi aja gak bisa jalan, tp udh d ganti sih. magnet stater udah gak gigit ama pecah dimana" tp untuk urusn hidup msh enk, zr saya pernh 3hr gak d hidupin dan tanpa di engkol" terlebih dahulu cmn di kontak trus engkol dan tanpa menggunakan choke dan gas jga gak di pegang sama sekali langsung hiduo dan langsam kok gan, tp kalok panas saya akui, saya pke zr dr jakarta ke lampung di mesin panas banget tp gak sampe mesin mati sendiri kok, ya walau cmn buat lari sekitat 60 ampe 70 doang sih, kemudian kalo nanjak emng tanaga berkurang sih tp y namany nanjak y pasti setiap nanjak berkurang aplg tanjakn siger kn panjang, tp klok buat nyalip n jaln sante mnrt saya enak sih krna pke gigi 4 tnpa nurunn gigi di tarik gasny tetep mbecit tuh lariny, tp kalok buat jalan lampung yg notabene bnyk lubang emng gak enk klok pas ngebut krna goyang bngt sih, tp untuk meliuk" enk bngt, aplg motor saya bgian sok depan udah sedikit di turunin di tambah basic zr yg tidak tinggi dan ringan jd enak buat ngindarin motor dn mobil rem dadakn klok pas di jakarta, maklum jakarta kn kota sembrono. Tp yg knp saya pilih zr th 2009 ini, krna harga bekasnya sangat murah( saya beli bekas buat di pake bukn di jual lg) tidak smpe 2 x gaji saya yg cmn seteng umr(walau buat servis koplingny lbh dr 500 rb) dn blm ada dana buat servis stater sih. Jd mnrt saya vega zr pas buat org seperti saya, salam knl bro maaf klok ucpn saya bnyk yg mnyinggung

      Hapus
    2. Wah gan kalo mesin zr susah hidup saya kurang setuju tuh,lgian kan ada choke di bagian bawah yg gak perlu seling jd gak perlu khawatir lg seling macet atau rusak, lagian zr saya th 2009 pdhl udh bnyk yg rusak termasuk baru kemaren bagian kopling hancur sampe di masukin gigi aja gak bisa jalan, tp udh d ganti sih. magnet stater udah gak gigit ama pecah dimana" tp untuk urusn hidup msh enk, zr saya pernh 3hr gak d hidupin dan tanpa di engkol" terlebih dahulu cmn di kontak trus engkol dan tanpa menggunakan choke dan gas jga gak di pegang sama sekali langsung hiduo dan langsam kok gan, tp kalok panas saya akui, saya pke zr dr jakarta ke lampung di mesin panas banget tp gak sampe mesin mati sendiri kok, ya walau cmn buat lari sekitat 60 ampe 70 doang sih, kemudian kalo nanjak emng tanaga berkurang sih tp y namany nanjak y pasti setiap nanjak berkurang aplg tanjakn siger kn panjang, tp klok buat nyalip n jaln sante mnrt saya enak sih krna pke gigi 4 tnpa nurunn gigi di tarik gasny tetep mbecit tuh lariny, tp kalok buat jalan lampung yg notabene bnyk lubang emng gak enk klok pas ngebut krna goyang bngt sih, tp untuk meliuk" enk bngt, aplg motor saya bgian sok depan udah sedikit di turunin di tambah basic zr yg tidak tinggi dan ringan jd enak buat ngindarin motor dn mobil rem dadakn klok pas di jakarta, maklum jakarta kn kota sembrono. Tp yg knp saya pilih zr th 2009 ini, krna harga bekasnya sangat murah( saya beli bekas buat di pake bukn di jual lg) tidak smpe 2 x gaji saya yg cmn seteng umr(walau buat servis koplingny lbh dr 500 rb) dn blm ada dana buat servis stater sih. Jd mnrt saya vega zr pas buat org seperti saya, salam knl bro maaf klok ucpn saya bnyk yg mnyinggung

      Hapus
    3. Wah gan kalo mesin zr susah hidup saya kurang setuju tuh,lgian kan ada choke di bagian bawah yg gak perlu seling jd gak perlu khawatir lg seling macet atau rusak, lagian zr saya th 2009 pdhl udh bnyk yg rusak termasuk baru kemaren bagian kopling hancur sampe di masukin gigi aja gak bisa jalan, tp udh d ganti sih. magnet stater udah gak gigit ama pecah dimana" tp untuk urusn hidup msh enk, zr saya pernh 3hr gak d hidupin dan tanpa di engkol" terlebih dahulu cmn di kontak trus engkol dan tanpa menggunakan choke dan gas jga gak di pegang sama sekali langsung hiduo dan langsam kok gan, tp kalok panas saya akui, saya pke zr dr jakarta ke lampung di mesin panas banget tp gak sampe mesin mati sendiri kok, ya walau cmn buat lari sekitat 60 ampe 70 doang sih, kemudian kalo nanjak emng tanaga berkurang sih tp y namany nanjak y pasti setiap nanjak berkurang aplg tanjakn siger kn panjang, tp klok buat nyalip n jaln sante mnrt saya enak sih krna pke gigi 4 tnpa nurunn gigi di tarik gasny tetep mbecit tuh lariny, tp kalok buat jalan lampung yg notabene bnyk lubang emng gak enk klok pas ngebut krna goyang bngt sih, tp untuk meliuk" enk bngt, aplg motor saya bgian sok depan udah sedikit di turunin di tambah basic zr yg tidak tinggi dan ringan jd enak buat ngindarin motor dn mobil rem dadakn klok pas di jakarta, maklum jakarta kn kota sembrono. Tp yg knp saya pilih zr th 2009 ini, krna harga bekasnya sangat murah( saya beli bekas buat di pake bukn di jual lg) tidak smpe 2 x gaji saya yg cmn seteng umr(walau buat servis koplingny lbh dr 500 rb) dn blm ada dana buat servis stater sih. Jd mnrt saya vega zr pas buat org seperti saya, salam knl bro maaf klok ucpn saya bnyk yg mnyinggung

      Hapus
    4. Hallo gan, Ana punya moto vega zr thn 2010 udah 3x masuk bengkel alias service besar, terakhir penyakitnya Susah hidup, diengkel ma chuknya diturunin tetap aja Susah. AMA mekanik di semi overhoule,klepnya di bersihan AMA di stel, anaknya si OK tapi selang semingguan penyakitnya kumat lagi malah sering klo mesin panas motor Susah sekali diidupin. Mohon sharing bengkel mana yg bgs utk wilayah Depok atau jakarta selatan gan?

      Hapus
    5. sama penyakitnya dengan vega ZR 2009 punya saya. Supaya normal, bersihkan karburator secara teliti sampai seluruh lubang jangan ada yang tersumbat, ganti saringan udara, tutup/putuskan saluran AIS karena jadi sumber knalpot nembak. Vega ZR susah hidup karena teknologi sekarang butuh saluran udara lancar kecuali AIS jika diputus paling pengaruhnya ke emisi gas buang knalpot. Vega ZR saya sembuh dan normal setelah dibersihkan semuanya.

      Hapus
  43. assalamu'alaikum..bang ane mau tanya nih,ane juga punya vega zr thn 2012..cuman mesin ane berisik yaa hampir sama kaya suara bajaj bang..itu kendalanya apa yaa bang??..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory baru bales gan... Lama off nih... Coba cek setelan klep gan, mungkin agak terlalu longgar, dan coba oli yg lebih kental (mesin jadi agak berat)... Kalau masih kasar juga, harus ada pengecekan lebih gan, mungkin keteng, seher oblak atau kmungkinan lain, perlu pengecekan lebih gan

      Hapus
  44. Motor ane susah hidup gan bolak balik setel karbu, tetep tiap pagi tetep susah hidup.
    Semua mekanik tetep gada perubahan signifikan.
    Sekarang tambah parah nganggur 3 jam lgsg susah.
    Kompresi ok, listrik ok
    Mohon bantuannya gan? Klep ngaruh kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek apung2 karbu gan, biasanya sedikit bermasalah sperti sudah kurang presisi, atau setelan karbu terlalu basah, atau coba cek lagi kondisi pengapian, dan jangan pakai busi iridium gan, karna busi tipe dingin, jadi kalau mesin dingin makin susah dapet pengapian yg bagus

      Hapus
  45. Gan stelan klepnya berapa ente?

    BalasHapus
  46. Gan mau tanya tanya sedikit nih,itu rem belakang kok bisa pakai cakram nya, itu abis biaya berapa ? Dan fitur apa saja yang harus diganti #tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory baru bales gan, lama off nih... Biaya part+pasang habis 430rb gan, harusnya bisa kurang, cuma karna selang nya ane pake ori satria fu jadi tambah biaya sekitar 25rb kalau gak salah, udah agak lupa hehe (sory)... Gak ada perombakan yg berarti gan, cuma pengait di pedal rem yg awalnya posisi berdiri kearah atas, dipotong dan dilas lagi menjadi posisi tidur dan pengeboran velg utk baut piringan cakram... Udah itu aja perubahannya, utk yg lainnya pnp semua

      Hapus
  47. Salam kenal bagi yg masih pake vega ZR sampe sekarang! Hehe sy juga masih pake dr 2011. Semua kendala tergantung perawatan sih gan.. Kalo rutin servis dijamin motor awet.

    Kalo ada grup/komunitas khusus Vega ZR bisa share disini gan! Salam dari ZRRider Bogor

    BalasHapus
  48. Tanya gan, klakpot jupiter 2008 di pasang vega zr bisa kagak ya ?

    BalasHapus
  49. Tanya gan, klakpot jupiter 2008 di pasang vega zr bisa kagak ya ?

    BalasHapus
  50. Ane pake zr dari awal rilis taun 2009, semuanya oke cuma 1 aja masalahnya yaitu sulit stater. Apalagi kalo pagi2 harus di choke dan bbrp kali engkol baru nyala. Terus didiemin bbrp jam jg harus di engkol + choke bbrp kali.

    BalasHapus
  51. Ane pengguna vega zr dr tahun 2010 sampai 2015 sekarang sudah ganti motor lain. selama memakai tidak ada masalah yg berarti walaupun pemakaian jarak jauh dan sudah km sudah 90ribuan. Mesin bandel, body kuat, tidak cepat pegal, masalah hanya ditemukan di stang oblak namun itu begitu masalah karena masih nyaman digunakan. Motor vega zr saya dapat diandalkan. sampai saat terjadilah kecelakaan dan terjatuh inilah awal dari kehancuran vega zr andalan saya, sehabis kecelakaan tidak langsung cek ke bengkel apakah ada masalah pada motor karena tidak tahu kalau blok mesin ada yang retak dan oli habis tumpah. Motor dipakai jalan akhirnya mesin jebol silinder ancur, stang seher pengok, piston nyangkut akhirnya ke bengkel service besar, bore up. setelah service besar belum lama dipakai motor bagian mesin terjadi masalah. Blok kembali retak, untungnya ketahuan karena oli sering tekor. Lari motor parah, body getar luar biasa. Bengkel salah dalam mengerjakan bore up. Akhirnya motor andalan saya lebih banyak dirumahkan karna digantikan oleh yang baru. Saran saya kalau mau service besar cari bengkel yg benar2 dikenal bagus atau motor bukannya makin baik malah tambah ancur dan tambah biaya

    BalasHapus
  52. Info dong gan motor ane vega zr kok ngebul bgt ya knalpotnya ..
    Itu kerusakan dari seher apa dari yg lain ya ane udah pake motor sekitar 8taon .n blom pernah ganti sperpart mesin kira2 kerusakannya dari mana ya gan .
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seher atau ring oli dah luka, ane kg baru beberes motor ane dari 2009 baru kena sekarang.

      Hapus
    2. Tergantung gan, kalau asapnya putih ada kemungkinan seher nya, kalau ngebul hitam ada kemungkinan rembesan oli ke ruang bakar, dan bisa2 oli cepet berkurang... Coba perhatikan, kalau emang ada suara2 kasar bisa jadi seher nya gan

      Hapus
  53. Kalo ane dah bergota ganti motor gan.
    Sudah yg kedua kalinya sekarang pake vega zr
    Masalah oli nguap ane biasanya melepas selang exhouse dr mesin ke filter sebab udara panas dr mesin di buang ke filter dan di hisap kembali oleh karburator melewati fiter tapi suhu panas tidak mudah berubah dingin hingga di mesin berkumpul udara dgn suhu panas yg membantu lebih cepatnya penguapan oli. Jd lebih baik saya lepaskan udara panas yg keluar dr mesin melalui selang exhouse ke dunia bebas hambatan...
    Bukan gitu gan...

    BalasHapus
  54. Mau tanya om..abis brp duit klo mau pasang cakram belakang ?
    Saya jga pengguna vega zr nih..
    Dan apakah nyaman menggunakan cakram atau tromol ?

    BalasHapus
  55. Maaf saya vega zr 2009 sangat terawat tapi 1thn ini setang terasa sangat pegal. Pergelangan tangan sampai bawah jempol sangat sakit 30menit berkendara minta solusi suhu

    BalasHapus
  56. Mw tanya ni gan,, sy punya motor vega zr 2011 ,,masalahnya jalan motornya kaya yang terasa berat apalagi klo di tanjakan,, solusinya apa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba stelan klepnya kasih 0.5 in dan 0.8 ex...dan jg cek plat kopling Ama kampas ganda nya x aja udah aus...info aja semoga bermanfaat

      Hapus
  57. Alhamdulillah ane pake Vega ZR 2011 sampe skrng 2019 g ada kendala...oli pake Yamalube motor dipake harian ngacir dan irit KLO pagi g ada masalah tokcer idupnya ...seminggu Skali ane pake bensin Shell dan seminggu kemudian pake pertalite Alhamdulillah mesin jos dan karburator ttp bersih pas dibongkar 3 blm Skali...3bln Skali saringan filter udara kotor apa bersih ttp ane ganti dgn yg baru...oh iya stelan klep ane bikin 0.5 bwt In dan 0.8 bwt ex...motor Ampe skrng g ada kendala...lari tembus 105km/jam...itu aja pengalaman saya make Vega ZR 2011...maaf bwt sharing aja trmksh sobat smuaa...

    BalasHapus
  58. Maaf numpang tanya kalo motor vega rr yg tahun 2013 cocok gak buat ojek online?

    BalasHapus
  59. Motor vega w top speed nya 90 :(

    BalasHapus
  60. mau nanyak gan... apa bener vega zr gk bisa d colter waktu ganti piston..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, vega ane udah di colter 2x

      Hapus
  61. coba liat dudukan noken as yg ga ada bearingnya, kemakan engga

    BalasHapus
  62. punya motor vega zr 2010 saya pakai ditahun 2013 mesin bandel cuma ditanjakan kurang responsif stelan klep nya kurang kencang oli cepat berkurang 2019 turun mesin saran saya motor ini enak dipakai harian cuma rutin servis perawatan .😂😂😂 saya ganti honda metik 2019merek sebelah saja ampek sekarang.

    BalasHapus
  63. Motor vega zr saya tahun 2012 sulit nyala stater kalau pagi , lalu sama tetangga angin2nya di tutup , dan sekarang lebih mudah nyala kalau pagi . Yg mau saya tanyakan apakah resiko pada motor kalau angin2nya di tutup ? Mohon tolongdi jawab

    BalasHapus